Sunday 4 January 2015

Transfer file mudah dan cepat via wifi dengan menggunakan aplikasi Wifi file transfer

Hal yang sering kita lakukan pada gadged kita adalah mentrasfer file entah  itu foto, video, musik atau yang lainnya ke PC atau gadged lai,. transfer bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas bluetooth atau menggunakan kabel USB, dan yang terbaru yaitu dengan menggunakan fitur NFC.
Tapi beberapa fitur ini memiliki beberapa kekurangan seperti pada bluetooth kita pasti pernah mencoba mengirim file ke teman, namun selalu tidak terkirim dan kita tidak mengetahui apa penyebab file tersebut tidak terkirim, selain itu kita tidak bisa mengirim file lewat bluetooth ke PC yang tidak memiliki fasilitas blutooth makanya kita membutuhkan kabel USB, namun kita juga sering merasa ribet kalau harus colok sana colok sini, dan juga hal yang sering terjadi yaitu sudah kita colok disemua lubang USB, perangkat sering tidak ditemukan. sedangkan fitur NFC hanya ada pada smarthphone keluaran terbaru dan berkelas high end yang harganya cukup mahal, oleh karena itu kita akan membahas  cara mentransfer file menggunakan fasilitas tathering dan wifi yang ada pada perangkat android yang mendukung fitur tersebut, tapi rata-rata semua smartphone sekarang ini sudah pasti memiliki fitur tersebut. Selain beberapa fitur tersebut, hal yang yang utama yaitu kita harus menginstal aplikasi Wifi file transfer agar kita bisa berkiriman file dengan mudah dan cepat.
Silahkan download aplikasinya disini

Setelah di download, install terlebih dahulu aplikasinya, setelah terinstal, buka aplikasi Wifi File transfer tersebut, disana ada tombol start, tapi sebelum menekan tombol start tersebut kamu harus terlebih dahulu mengaktifkan tathering atau hotspot pada smartphone mu, dan jangan lupa matikan mobile data nya.

Screenshot



 Sebenarnya tidak apa apa jika mobile data aktif, tapi untuk jaga-jaga  supaya tidak kehilangan kuota lebih baik dimatikan, selain itu juga aplikasi yang saya berikan adalah versi pro yang sudah di hack. Karena untuk versi free transfer file berbatas hanya 3 MB saja.

Bila hal hal diatas sudah diaktifkan, hidupkan wifi pada perangkat yang ingin digunakan untuk mentransfer file kita, pada PC, wifi akan aktif sendiri, setelah menemukan hotspot lalu koneksikan kedua perangkat tersebut.
Setelah kedua perangkat terkoneksi, klik start yang ada pada aplikasi tadi, maka akan muncul tulisan beserta link. Lihat pada gambar dibawah.

Screenshot


Buka file browser pada perangkat yang digunakan untuk  mentransfer. (disini saya menggunakan PC dan browser yang saya gunakan adalah google chrome)
Lalu ketikkan alamat URL yang ada pada aplikasi tadi. Saya sarankan untuk menyimpan alamat tersebut sebagai bookmark agar anda tidak perlu repot lagi mengetik ulang saat melakukan transfer dilain waktu.
Setelah kita ketik tadi, klik enter maka akan muncul halaman yang berisi daftar file yang ada di perangkat android kita seperti ini

 Screenshot



Setelah itu kamu dapat mentransfer dari perangkat android mu ke PC atau sebaliknya. Jika kamu ingin mengambil file dari PC, maka kamu tinggal klik select file atau select folder, tapi jika ingin melakukan sebaliknya, kamu hanya perlu mengklik file yang ada pada androidmu lalu klik tulisan download yang ada diatas.
Selain di PC, kamu juga dapat melakukan transfer file dengan perangkat lain selama perangkat tersebut memiliki fitur Wifi.


Terimakasih atas kunjungannya, semoga postingan ini bermanfaat.


No comments:

Post a Comment