Thursday 1 November 2012

Mengenal Windows 8 dan membedakan tiap versinya

Pada tanggal 26 Oktober tadi Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi andalannya yang terbaru yaitu Windows 8, Microsoft mengeluarkan beberapa varian windows 8 yaitu windows RT, windows 8, dan windows 8 PRO. meskipun blog ini kebanyakan mengulas tentang Android, namun tidak ada salahnya kita membahas tentang sistem operasi lain selain android, agar lebih menambah wawasan kita dan tidak terpaku terhadap sistem operasi android saja.


oke langsung saja kita cari tau apa saja perbedaan dari ketiga versi diatas.

Windows RT

Windows RT hanya dapat digunakan pada perangkat yang prosesornya berbasis ARM, kebanyakan digunakan untuk tablet atau PC hybird. kita tidak dapat membeli windows RT untuk mengupgrade PC kita karena windows RT adalah OS bawaan dari perangkat yang menggunakan windows RT tersebut. jadi apabila kita ingin menggunaka windows RT maka harus membeli tablet yang terinstal windows RT seperti Microsoft surface atau tablet Windows berbasis ARM lainnya.tambahan, Windows RT hanya dapat menginstal aplikasi yang ada pada Windows store, namun windows RT sudah disertakan dengan aplikasi Microsoft Office Home and student 2013 (Word, Excel, Powerpoint dan OneNote) . 

Windows 8

Windows 8 hanya dapat digunakan pada PC yang menggunakan prosesor x86/64 (intel, AMD dan sebagainya) dan tidak dapat digunakan pada perangkat berbasis ARM.kekurangan windows 8 adalah Microsoft Office  (Word, Excel, Powerpoint dan OneNote) tidak disertakan, jadi kita harus menginstal ulang dengan membelinya di Windows store.

Windows 8 PRO

Tidak terlalu banyak perbedaan antara Windows 8 dengan Windows 8 PRO versi ini juga tidak ada Microsoft Office, jadi kita harus menginstal melalui windows store. namun kelebihan windows 8 pro ini adalah sudah ada aplikasi pemutar DVD serta berbagai dukungan untuk perkantoran dan memang cocok digunakan untuk orang orang profesional.

untuk melihat perbedaan antara ketiga versi Windows tersebut lebih jelas, dapat dilihat pada tabel dibawah ini.


No comments:

Post a Comment