Wednesday 18 July 2012

membuat smartphone android kita menjadi modem atau portable hotspot dengan tethering


Android adalah sistem operasi yang memiliki begitu banyak fitur, tergantung kita bisa atau  tidak memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan tersebut. diantara begitu banyak fitur, kali ini saya akan membahas tentang sebuah fitur yaitu tethering. apa itu tethering, berdasarkan
Wikipedia, istilah Tethering  dalam kosa kata Indonesia adalah sebuah metode untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain, yang dilakukan melalui sebuah perangkat ponsel atau mobile phone yang terhubung dengan koneksi internet, dengan memanfaatkan perangkat Bluetooth, Wifi atau kabel USB. terkadang saat kita ingin online menggunakan laptop atau PC namun paket modem kita sudah habis, kita dapat memanfaatkan fitur yang satu ini untuk dijadikan pengganti modem menggunakan USB atau menjadikannya sebagai sebuah portable hotspot bagi perangkat yang memiliki fitur wifi atau WLAN. asalkan smartphone android kita sudah menggunakan paket bulanan atau unlimited, jika tidak menggunakan paket, maka siap-siap untuk kehabisan pulsa. namun, fitur ini hanya ada pada android versi 2.2 keatas, pada versi dibawahnya juga ada namun tidak dapat dijadikan sebagai portable hotspot. dibawah ini adalah cara mudah membuat smartphone android kita menjadi portable hotspot.


1. Buka menu dan pilih setting atau pengaturan














2. Pilih tethering and portable hotspot














3. Setelah itu centeng mobile AP, apabila kamu ingin menjadikannya sebagai modem USB, maka sambungkan dulu smartphone android kamu ke laptop atau PC kamu menggunakan kabel USB dan centeng USB tethering













4. kemudian Klik mobile AP setting, kamu akan disuruh mengisi network USSD, security dan password. untuk USSD isi terserah apa kamu mau, bisa menggunakan nama kamu atau apapun yang kamu mau, security pilih WPA2 PSK dan password isi sesuai keinginan kamu kemudian save.
















5. Kemudian aktifkan wifi pada laptop, PC atau tablet kamu dan cari, apabila sudah ketemu wifi kamu kemudian masukkan password yang sudah kamu atur sebelumnya. dan selamat berselancar didunia maya.

Mudah bukan, mungkin bagi sebagian orang beranggapan android itu sulit dan susah dipahami, padahal sebaliknya, kita dapat memanfaatkan berbagai fitur yang ada pada android. cukup disini dulu tutorial dari saya, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita.

No comments:

Post a Comment